Thursday, October 27, 2011

Kumpulan Soal Ujian Negara Etika Kristen

Share


Dengan berlatih mengerjakan kumpulan soal-soal yang pernah diujikan akan membantu mahasiswa/i mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Negara. Berikut ini Soal Ujian Negara Etika Kristen Tahun 2007 dan Tahun-tahun sebelumnya.
Kumpulan Soal Etika Kristen lengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI

Etika Kristen Juli 2007
1.    Jelaskan manfaat mempelajari etika Kristen
2.    Etika Kristen memiliki dasar, jelaskan dasar etika Kristen tersebut
3.    Jelaskan perbedaan antara etika Teologis dan etika Falsafi
4.   Setiap pengambilan keputusan harus memperhatikan faktor-faktor iman. Jelaskan faktor-faktor iman tersebut
5.    Jelaskan Pandangan Islam tentang “kedudukan manusia”
6.   Dalam Etika Kristen ada dosa yang tidak beroleh pengampunan di dunia maupun di akhirat, sebutkan dan jelaskan
7.    Jelaskan pengertian “Tobat” menurut Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
8.    Jelaskan perbedaan antara Dogmatika dengan Etika
9.    Jelaskan pemahaman Saudara tentang “Hukum Kemerdekaan sebagai intisari Kristen”
10. Jelaskan “Peranan orang Kristen” di bidang politik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Etika Kristen Nopember 2006
1.    Jelaskan menurut pemahaman anda, persamaan dan perbedaan antara Etika dengan sopan santun.
2.    Di dalam hidup manusia ada dua gejala yang menentukan kebebasan dan kesengsaraan manusia yaitu rasa malu dan suara hati. Jelaskan apa maksudnya rasa malu dan suara hati.
3.    Jelaskan yang menjadi alasan Hugo de Goot, Immanuel Kant dan Thomas Hobbes mengatakan bahwa manusia dapat merumuskan norma-norma kesusilaan, tanpa harus adanya pengaruh pernyataan Allah dan agama.
4.    Jelaskan sifat-sifat dari Kesepuluh Titah Tuhan yang tercantum dalam Keluaran 20:1-17 dan Kitab Ulangan 5:6-21 bagi khidupan orang Israel.
5.    Di dalam Etika Kristen, hidup baru sering dirumuskan dengan istilah mengikut Kristus, menyangkal dirinya dan memikul salib-Nya, Uraikan masing-masing maksudnya.
6.    Jelaskan menurut pemahaman Anda, apa yang menjadi tujuan hidup manusia menurut agama Kristen, Hindu, agama Budha dan agama Islam.
7.    Salah satu faktor dalam pengambilan keputusan etis adalah faktor iman dan nilai-nilai, jelaskan apa maksudnya.
Jwb:
       Iman adalah kepercayaan dan kesetiaan kepada hal yang dianggap terpenting atau nilai yang tertinggi. Iman dan nilai-nilai yang dimiliki manusia turut mempengaruhi dalam mengambil keputusan etis. Iman yang utuh ialah iman yang kepada hanya satu hal saja yaitu kepada nilai kita yang tertinggi entah Allah atau tuhan palsu.
       Godaan yang paling sukar bukan hal yang nyata buruk, melainkan kecenderungan untuk menilai terlalu tinggi sesuatu yang baik. Manusia cenderung mengabaikan hal-hal yang pokok dan mengangkat nilai-nilai yang sekunder di atas Allah, yang seharusnya menjadi nilai yang tertinggi.

8.    Dalam Etika Kristen, salah satu faktor lain yang menentukan sikap dan perilaku Kristen adalah tabiat dan watak, jelaskan apa maksudnya.
Jwb:
       Tabiat adalah susunan batin seseorang yang memberi arah dan ketertiban kepada keinginan, kesukaan dan perbuatan orang itu. Tabiat ini dibentuk oleh interaksi antara manusia dengna lingkungan sosialya dan Allah. Perbuatan yang tidak sesuai dengan tabiat lebih sukar dilakukan dan akan menyebabkan konflik batin.Tabiat mengandung suara hati yaitu pengetahuan tentang apa yang baik dan apa yang buruk.
       Tabiat sebagai sumber perbuatan-perbuatan lahiriah, ibarat pohon sebagai sumber buah-buahan. Tabiat yang baik lebih cenderung menghasilkan kelakuan yang baik. (bersifat moral). Tabiat = karakter, bisa bersifat baik dan buruk. Budi pekerti adalah tabiat yang senantiasa baik.
       Watak adalah bentuk diri manusia yang dibawa secara alami pada waktu lahir dan bersifat tetap. Tabiat memberi keselarasan kepada perbuatan-perbuatan tetapi dapat diubah dan dibina.
       Kepribadian adalah bentuk yang lebih luas, dapat berkembang dan berubah. Selain mencakup aspek moral (tabiat) juga menyangkut emosional, dan mental seperti sifat rendah diri, pendiam, dsb.

9.    Jelaskan fungsi Hukum dalam etika menurut pandangan Luther, Melanchton dan Calvin.
Jwb:
Fungsi Hukum menurut Luther :
a.    memberi aturan kepada masyarakat dan melindungi masyarakat dari kejahatan.
b.    menolong manusia untuk mengerti dosanya, sehingga bertobat dan percaya kepada Allah.
Melanchton menambahkan :
c.    mengajar orang Kristen tentang kelakuan yang diperkenankan Allah.
Melanchton dan Luther berpandangan fungsi hukum yang terpenting ialah mencerminkan dosa manusia sehingga ia bertobat.
Calvin mengakui ketiga fungsi hukum yang dijelaskan oleh Melanchton, tetapi Calvin menganggap fungsi ketiga yang paling penting, yaitu hukum dimaksudkan untuk menolong orang Kristen mengerti kehendak Allah mengenai perbuatannya.

10.  Adat istiadat dari sudut pandang iman Kristen, tidak dapat menjadi sumber pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, jelaskan alasan-alasannya.

Etika Kristen
Juli 2006
1.    Setiap orang harus membuat keputusan etis. Jelaskanlah apa saja yang menjadi ciri sebuah keputusan etis itu!
Ciri-ciri Keputusan Etis :
a.    Menyangkut pertimbangan tentang yang benar dan yang salah
b.    Menyangkut pilihan sukar
c.    Tidak mungkin dielakkan
d.    Dipengaruhi oleh norma-norma situasi iman, tabiat, lingkungan sosial.

2.    Orang mengenal sistem etika filosofis/falsafi dan sistem etika Teologis. Uraikan kedua sistem tersebut sehingga jelas keunikan masing-masing!
Jwb:
Etika Filosofi  = Bila pertimbangan hanya bersifat rasional tanpa memasukkan ajaran agama manapun
Etika Teologi  =  Sistem etika yang pertimbangan / ajarannya bersifat teologis / kristiani.

3.    Jelaskan tentang titik tolak Alkitabiah bagi etika Kristen!
Jwb: Titik tolak Alkitabiah bagi etika Kristen : Alkitab adalah kitab suci Kristen dan sebagai standard normatif tertinggi bagi kehidupan umat Kristen.

4.    Bolehkah sebuah kesadaran etis disebut etika? Jelaskan hal itu!
Jwb: Kesadaran etis dapat disebut etika karena etika mempelajari tentang apa yang baik dan yang buruk yang di dalamnya termasuk kesadaran etis.

5.    Jelaskanlah perbedaan hakiki antara etika Kristen dengan etika umum! (etika Kristen: sistem-sistem nilainya bersumber dari Alkitab, etika umum hanya membahas pertanyaan-pertanyaan moral dasar).
Etika Kristen berdasarkan kitab suci Kristen (Alkitab
Etika Umum membahas pertanyaan-pertanyaan moral dasar.

6.    Masyarakat, bangsa dan negeri kita ini telah ditimpa berbagai bencana alam seperti tsunami, banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, tanah longsor, dsb. Sementara orang menilai itulah hukuman Tuhan bagi kita. Berikan penilaian Anda dengan dasar etika teologis terhadap pendapat tersebut!
Musibah bencana alam terjadi kadang tak lepas dari akibat ulah manusia sendiri. Jadi manusia dituntut agar memelihara alam bukan merusaknya. Adapun bencana yang terjadi seperti gunung meletus atau tsunami merupakan gejala alam yang wajar tetapi manusia harus mampu mengambil hikmahnya.

7.    Alkitab berbicara mengenai unsur-unsur sebuah pernikahan Kristen. Jelaskan dan uraikan unsur-unsur pernikahan Kristen itu!
Unsur-unsur pernikahan Kristen:
-      Cinta kasih
-      Satu iman
-      Sepadan : satu visi, status sosial, status ekonomi, pendidikan, umur

8.    Kita melihat bahwa “pembangunan yang berkelanjutan” memiliki sifat developmentalisme dan materialisme. Jelaskan kedua sifat tersebut!
Developmentalisme = sifat yang sangat mengutamakan pembangunan lebih dari yang lain.
Materialisme = sifat yang sangat mengutamakan materi

9.    Richard Niebur memiliki pandangan mengenai beberapa ciri kebudayaan. Jelaskan pandangan R. Niebur mengenai ciri-ciri kebudayaan!
Jwb: Ciri-ciri kebudayaan yaitu memiliki ciri khas (daerah/kelompok) yang di dalamnya terdiri dari sistem nilai, teknologi, sosial, religi, mata pencaharian, bahasa.

10.  Dunia kedokteran sering berhadapan dengan apa yang disebut “euthanasia”, yakni permohonan pasien untuk mati. Bagaimanakah iman Kristen melihat hal ini? Jelaskan!

Etika Kristen
Nopember 2005
1.    Apakah yang dimaksud dengan Etika Kristen dan apa bedanya dengan Etika umum?
Etika Kristen : sistem-sistem nilainya bersumber dari Alkitab
Etika umum : hanya membahas pertanyaan-pertanyaan moral dasar

2.    Jelaskan perbedaan antara Etika dan Moral!
Etika : menyoroti perilaku manusia dari segi moral
Moral : menunjuk pada baik-buruknya suatu perbuatan

3.    Sebutkan dan jelaskan peranan Etika Kristen dalam dunia modern!
       Jwb : Etika Kristen menjadi patokan / titik tolak bagi orang kristen secara khusus orang percaya dalam menilai sesuatu serta memutuskan sesuatu.

4.    Sebutkan ciri-ciri suatu keputusan itu dapat dikatakan keputusan etis menurut Etika Kristen!
Ciri-ciri keputusan Etis :
-      pertimbangan tentang apa yang benar dan salah
-      menyangkut pilihan yang sukar
-      tidak mungkin dielakkan
-      dipengaruhi norma-norma situasi, tabiat, lingkungan sosial

5.    Kesadaran etis seseorang tidak tiba-tiba ada, tetapi ia bertumbuh. Lawrence Kohlberg mengemukakan bahwa ada enam jenjang perkembangan kesadaran etis itu seiring dengan pertumbuhan manusia dari kanak-kanak menuju ke kedewasaan. Jelaskan ciri-ciri kesadaran etis pada jenjang keenam saja!

6.    Berdasarkan pemahaman Anda mengenai Etika Kristen, bagaimanakah pendapat Anda mengenai pengumpulan materi (harta kekayaan)? Jelaskan!

7.    Abortus propocatus (pengguguran janin dalam kandungan dengan sengaja untuk memusnahkannya) banyak dilakukan oleh wanita yang mengandung di luar nikah. Bagaimana pendapat Anda tentang hal itu? Kalau ada wanita yang mengandung di luar nikah, bagaimanakah Anda menolongnya?
       Jwb: Abortus provocatus apapun alasannya tidak boleh dilakukan karena itu adalah dosa. Jika ada wanita yang hamil di luar nikah, menerima kenyataan danmerawat bayinya itulah solusinya.

8.    Bagaimanakah pendapat Anda tentang hukuman mati sehubungan dengan perintah Allah “Jangan membunuh”!
       Jwab: Mencabut nyawa seseroang adalah hak Tuhan, jadi apapun alasan/ kejahatan seseroang tetap tak boleh dibunuh.

9.    Apakah yang dimaksud dengan Etika Deskriptif dan Etika Normatif?
Etika deskriptif : membahas suatu perilaku moral pada suatu kebudayaan
Etika normatif: membahas pertanyaan-pertanyaan moral dasar

10.  Jelaskan apakah gunanya Anda mempelajari Etika Kristen?
Agar mampu berfikir dan bertindak sesuai etika Kristen dengan Alkitab sebagai standar normatif tertinggi

Etika Kristen
Juli 2005
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan Moral!
Moral adalah sesuatu yang menunjuk pada baik buruknya perbuatan

2.    Dalam Bahasa Indonesia, kata moral biasanya diterjemahkan dengan kata susila. Jelaskan persamaan dan perbedaan kata dimaksud!
       Jawab:
       Persamaan moral dan susila menunjuk pada baik buruknya perbuatan, perbedaan susila adalah salah satu bagian dari moral yang mengatur tentang pergaulan.

3.    Keputusan etis seringkali menjadi sama dengan ungkapan “Ibarat makan buah simalakama” Jelaskan artinya!
“buah simalakama” dalam keputusan etis, karena dalam pengambilan keputusan etis akan banyak pertanyaan yang timbul dari berbagai sudut pandang misal: menggugurkan bayi dari korban perkosaan.

4.    Dalam mengambil keputusan yang sulit prinsip “prima facie” dapat menolong kita memilih. Jelaskan maksud “Prima facie” dimaksud!

5.    Teori “perang yang adil” (just war) menekankan prinsip: “ultima ratio” jelaskan arti Ultima ratio!
Ultima ratio = perang yang secara moral benar

6.    Bagaimana seharusnya sikap Etika Kristen terhadap masalah poligami? Jelaskan!
Poligami tidak etis karena akan terjadi ketidakadilan yang menyebabkan irihati.

7.    Apa alasan Tuhan Yesus menolak perceraian? Jelaskan!
Karena perceraian akan menimbulkan perzinahan

8.    Bagaimana seharusnya sikap Etika Kristen terhadap masalah abortus provocatus? Jelaskan!
Abortus provocatus merupakan tindakan dosa karena membunuh janin yang ada dalam kandungan yang berarti membunuh. Apapun alasannya dalam Kristen pembunuhan itu dilarang.

9.    Uraikan sikap Tuhan Yesus tentang masalah pajak? Jelaskan pendapat saudara!
Pajak merupakan kewajiban orang percaya (Rm. 13:7) sebagai wujudnyata dukungan terhadap pembangunan nasional.

10.  Menurut Roma 13, pemerintah berasal dari Allah. Jelaskan pendapat Saudara tentang pernyataan tersebut!
Pemerintah adalah perpanjangan tangan Allah di dunia ini oleh karena itu harus dipatuhi tetapi kita patut menegur jika berlawanan dengan kebenaran.

Etika Kristen
Juli 2004
1.    Jelaskan pengertian “prima facie” dalam teori etika kewajiban!
“Prima Facie” dalam etika kewajiban ialah tindakan-tindakan yang salah walaupun hasilnya baik misalnya Aborsi.

2.    Dalam etika Kristen tentang perang dikenal istilah “Ultima ratio” jelaskan maksudnya!
“Ultima ratio” = perang yang secara moral benar

3.    Sebutkan keuntungan teori etika kewajiban (deontologi)!
Keuntungan deontologi dalam etika kewajiban : suatu tindakan dianggap baik apabila tidak berlawanan dengan kewajiban.

4.    Jelaskan perbedaan antara “imperative kategoris” dengan “imperative hipotesis” dalam teori deontologi Immanuel Kant!
Menurut Immanuel Kant :
Imperative kategoris : menunjuk pada prinsip moral yang tanpa syarat mengikat secara mutlak
Imperative hipotesis : mengikat hanya dalam tujuan yang ditentukan

5.    Sebutkan kelemahan teori teologi!

6.    Sebutkan 5 (lima) faktor penting dalam pengambilan keputusan etis!
5 faktor penting dalam pengambilan keputusan etis :
-      manusia sebagai pelaku moral
-      norma-norma moral
-      konteks / situasi
-     
-     

7.    Jelaskan arti fungsi-fungsi suara hati berikt: indekx, judex, vindex!

8.    Sebutkan 5 (lima) tipe hubungan Kristus/gereja dengan kebudayaan menurtu Richard Niebuhr.
9.    Calvin menyebut dunia ini sebagai “theatrum gloriade Dei”. Jelaskan maksudnya!

10.  Jelaskan pengertian etika ekologi!
Etika ekologi : mempelajari tentang apa yang biasa dilakukan sehubungan dengan manusia dan lingkungan

11.  Dalam etika ekologi dikenal istilah “etika antroposentris”. Jelaskan maksudnya!
Etika antroposentris : etika yang mempelajari tentang apa yang biasa dilakukan sehubungan dengan pengalaman manusia.

12.  Sebutkan salah satu persoalan etis dari iklan!
Persoalan etis dari iklan : maraknya berbagai iklan menyebabkan persaingan tidak sehat misal: melebih-lebihkan mutu produknya dan menjelekkan produk lain, dll.

13.  Jelaskan pendapat Saudara tentang “golongan putih (golput)” dalam pemilihan umum!
Golput dalam pemilihan : orang yang tidak menggunakan hak pilih karena tidak punya pendirian.

14.  Jelaskan pendapat Saudara tentang dampak globalisasi ekonomi dari perspektif etika Kristen!
Dampak globalisasi ekonomi dari sudut pandang etika Kristen: globalisasi ekonomi harusnya meningkatkan taraf hidup semua lapisan masyarakat, bukan hanya golongan tertentu saja.

15.  Jelaskan pendapat Saudara tentang gejala kebebasan seks dari perspektif etika Kristen!
Kebebasan seks merupakan zinah yang perlu mendapat teguran serta upaya agar hal itu tidak terjadi.

Etika Kristen Juli 2003
1.    Jelaskan pengertian etika teologis sebagai etika transenden! Jelaskan pula pengertian filosofis sebagai etika antroposentris! Bagaimana hubungan keduanya?

2.    Sebutkan sedikitnya 3 (tiga) sumber etika Kristen!

3.    Bagaimanakah seharusnya hubungan antara etika dengan agama dilihat dari sudut pandang teologi Kristen? Jelaskan!

4.    Apakah yang harus menjadi sumber utama etika Kristen? Jelaskan dengan singkat!

5.    Jelaskan pengertian onani atau masturbasi! Apakah onani dapat disebut dosa? Jelaskan!

6.    Jelaskan arti, persamaan dan perbedaan antara homofilia dan homoseksualitas!

7.    Sebutkan beberapa alasan menolak poligami. Jelaskan alasan-alasan tersebut?

8.    Apa alasan etis Tuhan Yesus menolak perceraian? Jelaskan!

9.    Jelaskan hubungan ekonomi dan ekologi!

10.  Apakah hubungan antara masalah ekologi dengan demografi dilihat dari teks Kejadian 1:28? Jelaskan dengan contoh dalam konteks Indonesia!

11.  Apakah dasar teologis Alkitabiah tentang Hak Azasi Manusia? Jelaskan!

12.  Jelaskan argumen pro-choice dalam membela dilakukannya aborsi. Jelaskan argumen Saudara sendiri!

13.  Jelaskan argumen profetis keterlibatan orang Kristen dalam politik!

14.  Dalam konteks upaya rekonsiliasi, nilai etos Kristen manakah yang menjadi dasar terjadinya rekonsiliasi?

15.  Jelaskan secara singkat apa yang Saudara ketahui tentang “global ethics” Bagaimana pendapat Saudara sendiri?


Etika Kristen Juli 2002
1.    Jelaskan hubungan antara etika dengan agama!

2.    Jelaskan hubungan antara etika dengan kekristenan!

3.    Sebutkan 4 (empat) sumber etika Kristen!

4.    Mengapa akal budi harus menjadi salah satu sumber etika Kristen. Jelaskan dari perspektif etika Yesus Kristus!

5.    Mengapa tradisi gereja harus menjadi salah satu sumber etika Kristen? Jelaskan!

6.    Dalam hubungan etika teologis dengan etika filosofis, Paul Lehmann berpendapat bahwa hubungan itu bersifat dialogis. Jelaskan maksudnya!

7.    Jelaskan perbedaan antara abortus spontan dengan abortus provocatus!

8.    Sebutkan beberapa alasan menolak abortus provocatus!

9.    Jelaskan pengertian sodomi sebagai masalah etika!

10.  Jelaskan hubungan ekonomi dan ekumene!

11.  Jelaskan 3 (tiga) hubungan antara manusia dengan tanah menurut Kejadian 1 – 3.

12.  Jelaskan mengapa orang Kristen harus membayar pajak!

13.  Jelaskan pengertian Mammon!

14.  Jelaskan mengapa teologi Kristen mendukung demokrasi!

15.  Dalam konteks apakah norma pengampunan dapat diterapkan di tengah masyarakat yang sedang berkonflik? Jelaskan.


UJIAN NEGARA ETIKA Kristen 2003
1.    Kita menghormati dan menjunjung tinggi hak azasi manusia, sebab manusia diciptakan memiliki hak azasi yang sama, tidak ada perbedaan. Dasar teologinya adalah : manusia sebagai penyandang citra (gambar) Allah (Kej. 1:26). Sebagai gambar Allah, manusia adalah suatu pribadi yang utuh, pribadi di hadapan Allah dan bertanggung jawab kepada Allah. Oleh karena setiap orang adalah gambar Allah, maka setiap orang mempunyai hak azasi yang sama, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang.

2.    Orang Kristen perlu terlibat dalam dunia politik, sebab orang Kristen hidup di tengah-tengah dunia dan merupakan kenyataan yang perlu disimak dan dijawab dalam kekristenan. Terlibat dalam dunia politik berarti berupaya dengan sekuat tenaga untuk merealisasikan kehendak Allah di dalam seluruh proses politik. Orang Kristen perlu merealisasikan nilai-nilai kekristenan yang ada dalam Alkitab ke dalam realitas politik secara pas dan tepat.

3.    Hubungan antara etika dengan agama dari sudut pandang teologi Kristen :
*     Etika membicarakan kehendak Allah dari manusia
*     Agama membicarakan kehendak Allah kepada manusia dari kehendak Allah dari manusia

4.    Tugas dan tanggung jawab normatif dalam etika menanggapi dan memberi respons kepada peristiwa-peristiwa yang ada di sekitar dengan mengikuti patokan-patokan yang dipakai untuk menilai perbuatan manusia dan menolong orang mengambil keputusan yang benar.

5.    Hubungan antara motif dan tindakan dalam etika Kristen :
* Motif  adalah dorongan untuk melaksanakan kehendak Allah
* Tindakan adalah gerakan untuk melaksanakan kehendak Allah

6.    Hubungan antara Injil dan Kebudayaan dilihat dari Etika kontekstual :
* Injil adalah kabar baik tentang Yesus Kristus
* Kebudayaan adalah hasil gagasan dan pekerjaan manusia
Kebudayaan merupakan tempat komunikasi kabar baik tentang Yesus Kristus.

7.    Tuhan Yesus berbicara dalam Mrk. 10:25, orang kaya sulit masuk Kerajaan Allah. Sebab orang kaya ini adalah orang yang menganggap bahwa hartanya adalah ilahnya. Dia tidak bisa mengikut Kristus, karena masih ada ilah lain dalam dirinya.

8.    Dalam II Tes. 3:10 Orang yang tidak bekerja janganlah ia makan. Rasul Paulus menekankan : setiap orang harus mencari nafkahnya sendiri dengan bekerja.

9.    Poligami dalam perkawinan Kristen ditolak, sebab:
a.    Tuhan hanya menuntut dan memberikan pernikahan monogami (Mat. 19:3)
b.    Poligami tidak sesuai dengan kasih agape
c.    Poligami jalan yang menuju kehancuran

10.  Salah satu kewajiban orang Kristen terhadap negara adalah membayar pajak (Roma 13:7). Salah satu sumber biaya pembangunan nasional adalah pajak. Pajak adalah beban yang dikenakan kepada setiap warga negara. Orang Kristen harus membayar pajak sebagai partisipasi bagi pembangunan nasional.

11.  Salah satu sumber etika Kristen adalah akal budi, sebab akal budi merupakan sumber lahirnya ilmu pengetahuan tentang nilai, norma, dan kebaikan akan hidup tentang Tuhan.

12.  Kehidupan demokrasi dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, organisasi politik, ekonomi, sosial, budaya dan keluarga. Dari perspektif Kristen, demokrasi adalah pengakuan akan kesetaraan. Setiap orang harus menghormati dan mengakui kesetaraan sehingga mempunyai kesempatan untuk mengembangkan karunia Allah yang ada padanya demi kemuliaan Allah.

13.  Kasih memberi motivasi untuk berbuat baik, sebab kasih adalah perintah Tuhan yang menghapus banyak kesalahan. Kasih adalah peduli sehingga mendorong untuk berbuat baik.

14.  Hal-hal yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan: (I-TA-LIS-NO-SI)
a.    iman               c.         lingkungan sosial
b.    tabiat             d.         norma-norma              e.         situasi

15.  Tuhan Yesus menolak perceraian, sebab perceraian hanya membuat salah satu pasangan berzinah (Mat. 5:32)


Etika Kristen 2002 Juli 2002
1.    Hubungan antara etika dan agama secara teologis
*     Etika membicarakan kehendak Allah kepada manusia
*     Agama membicarakan kehendak Allah kepada dan dari manusia
Agama dan etika membicarakan kehendak Allah

2.    Hubungan antara etika dan kekristenan
*     Etika membicarakan kehendak Allah dari manusia
*     Kekristenan menyatakan kehendak Allah bagi manusia dan kehendak Allah dinyatakan dalam kekristenan dan dibahas oleh etika.

3.    Sumber-sumber etika Kristen :
a.    Alkitab                        c.         Akal budi
b.    Tradisi gereja             d.         Hati nurani

4.    Akal budi menjadi salah satu sumber etika Kristen, sebab akal budi adalah pemberian Tuhan yang bisa membedakan mana yang jahat dan mana yang baik.

5.    Tradisi gereja menjadi salah satu sumber etika Kristen, sebab tradisi gereja juga mengandung norma-norma yang menjadi patokan dalam mengambil keputusan.

6.    Dalam hubungan etika teologis dengan etika filosofis, Paul Lehman berpendapat bahwa hubungan itu bersifat dialogis, maksudnya bahwa etika teologis dengan etika filosofis sama-sama membicarakan masalah-masalah baik buruk dan tujuan hidup.

7.    Perbedaan abortus spontan dan abortus provocatus :
*     Abortus spontan adalah keguguran bayi yang terjadi dengan sendirinya
*     Abortus provocatus adalah keguguran bayi yang disengaja

8.    Beberapa alasan untuk menolak abortus provocatus :
*     Kehidupan manusia sudah dimulai dalam janin (rahim)
*     Hidup janin berhak atas perlindungan
*     Mengggugurkan janin adalah pembunuhan hidup manusia

9.    Sodomi sebagai masalah etika. Sodomi merupakan pemuasan nafsu birahi kepada anak-anak. Sodomi adalah perbuatan yang tidak bermoral, patut dicela dan dihukum.

10.  Hubungan ekonomi dengan oikumene:
*     Ekonomi adalah suatu kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat luas.
*     Oikumene adalah dunia kediaman manusia
Ekonomi harus dijalankan di dalam kaitan tanggung jawab manusia terhadap oikumene. Kegiatan ekonomi wajib dijalankan untuk menciptakan oikumene yang sejahtera dan merata.

11.  Hubungan antara manusia dengan tanah menurut Kej. 1-3
*     Manusia diciptakan dari tanah (Kej. 2:7)
*     Manusia mengusahakan tanah (Kej. 2:15)
*     Tanah dikutuk karena dosa manusia (Kej. 3:7)

Deontologis adalah cara melakukan penilaian etis yang meletakkan hukum Allah sebagai satu-satunya norma yang tidak dapat ditawar-tawar. Suatu tindakan adalah benar apabila sesuai dengan hukum Allah dan salah apabila bertentangan dengannya.

Teologis berasal dari kata Yunani yang bersifat pengetahuan tentang akibat (telois : tujuan, akibat; logos : pengetahuan) Teologis  kehendak Tuhan dinyatakan dalam maksud dan rencanaNya dan. Cara berpikir teologis ini bukan tidak mengacuhkan hukum. Ia tahu betul apa yang benar dan apa yang salah tetapi itu bukan ukuran terakhir yang lebih penting adalah tujuan & akibat.

14.  Hal-hal yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan:
a     Iman
       Iman merupakan pengaruh utama bagi etika dalam pengambilan keputusan karena iman adalah kepercayaan  ???, tanggapan

b.    Tabiat
       Tabiat adalah susunan batin seseorang yang memberi arah dan ketertiban kepada keinginan, kesukaan dan perbuatan orang itu. Sehingga tabiat kita mempengaruhi kita. Tabiat yang utuh memberi keimantapan dan kuasa kepada per

c.    Lingkungan sosial
       Mau tidak mau pengambilan keputusan dipengaruhi oleh lingkungan; oleh keluarga, teman-teman, pandangan umum dalam masyarakat, komunikasi Nilai-nilai masyarakat meresap kedalam seseorang  yang ada dalam lingkungan sosial dan lingkungan sosial ada dalamnya


SOAL DAN JAWABAN ETIKA TAHUN 2000

1.    Mengapa etika disebut ilmu pengetahuan normatif?
Jawaban : Karena etika normatif merupakan bagian terpenting dari etika dan bidang di mana berlangsung diskusi-diskusi yang paling menarik tentang masalah-masalah moral.

2.    Jelaskan perbedaan dan hubungan antara etika filosofis dan etika teologis!
Jawaban :
*     Etika filosofis adlaah suatu pemberian nilai terhadap keadaan-keadaan atau peristiwa-peristiwa yang kita alami atau saksikan.
*     Etika teologis adalah sudut pandang terhadap kepercayaan pada hukum Taurat dan Injil Allah yaitu segala sesuatu yang dikehendaki Allah itulah yang baik.
Perbedaannya:
*     Etika filosofis suatu penilaian yang diberikan berdasarkan kehendak manusia
*     Etika teologis adalah suatu penilaian yang diberikan berdasarkan kehendak Allah.
Hubungannya:
Kedua pandangan ini sama-sama dipakai untuk mengatur tigkah laku manusia ke arah yang lebih baik.

3.    Perbedaan antara deontologi dan teologi dari sudut pandang Alkitab :
Jawaban :
*     Deontologi adalah ilmu tentang kewajiban, jika deontologi dilihat dari sudut pandang Alkitab adalah kewajiban yang harus dilakukan untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.
*     Teologis adalah teori atau ajaran bahwa segala sesuatu terarah kepada tujuan tertentu. Jika dilihat dari pandangan Alkitab maka tujuan hidup kita terarah hanya kepada Allah.
OR:
Deontologi dari kata Yunani yang berarti “pengetahuan tentang keharusan dan kewajiban (deon: wajib; logos: pengetahuan). Di mana: kehendak Tuhan dinyatakan dalam hukum-Nya, perintahNya dan kaidahNya harus menaati perintah Allah yang terwujud dalam norma-norma.

4.    Mengapa situasi penting dalam pengambilan keputusan etis dan kesulitan yang mempengaruhi kita mengerti situasi!
Jawaban : supaya dapat memberikan kontribusi “jalan keluar” yang berarti dan kita dapat memberikan sikap etis yang tepat.

5.    Jelaskan arti pernyataan bahwa dari sudut etika, ilmu pengetahuan tidak netral!
Jawaban : arti dari pernyataan ini adalah bahwa ilmu pengetahuan itu selalu berdasarkan logika. Dan pemahaman ini meyakini bahwa semua ilmu pengetahuan adalah benar.

6.    Mengapa iman Kristen tidak menerima poligami?
Jawaban : karena Allah tidak mengizinkan adanya poligami. Dengan demikian hal ini bertentangan dengan ajaran Firman Tuhan.

7.    Jelaskan penerapan kasih eros dalam pernikahan Kristen!
Jawaban : Kasih eros tetap didasarkan pada kasih agape karena di dalam pernikahan Kristen memerlukan kasih eros supaya suami istri dapat menikmati cinta yang romantis dan memuliakan nama Tuhan.
OR:
Penerapan kasih eros dalam pernikahan kristen, yaitu pernikahan yang yang di dalamnya terdapat nafsu birahi dengan kecenderungan seksuil dan disempurnakan dengan kasih agape.

8.    Laba menurut etika Kristen
Jawaban : Mengambil laba adalah tindakan yang tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan dan merupakan suatu sikap Kristen yang tidak mengasihi sesama yang mengalami kesulitan, melainkan mementingkan diri sendiri.
Menurutku : Mengambil laba adalah baik asalkan pengambilan laba tersebut dalam batas-batas yang wajar, tidak merugikan orang lain serta digunakan untuk kemuliaan Nama Tuhan.
OR:
Laba adalah keuntungan yang diperoleh penjual atau pengusaha dalam suatu proses penjualan / usaha, dengan memperhatikan patokan kewajaran:
a.    Laba adalah hak setiap penjual
b.    Laba yang diperoleh digunakan untuk mengembangkan usaha
c.    Laba yang diperoleh bukan hasil eksploitasi kebutuhan orang lain / pembeli

9.    Pendapat tentang aborsi!
Jawaban : Aborsi adalah tindakan yang jahat karena membunuh manusia dan hal ini bertentangan dengan firman Tuhan.
OR:
Aborsi adalah proses pengguguran bayi dalam kandungan. Aborsi ada yang disengaja dan ada yang tidak disengaja. Aborsi yang disengaja merupakan pembunuhan manusia sebab dalam janin sudah ada kehidupan.

10.  Pendapat tentang euthanasia!
Jawaban : Euthanasia adalah kematian yang lembut dan tanpa rasa sakit bagi orang yang menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Berdasarkan pengajaran agama, tindakan tersebut tidak disetujui karena hal itu mengandung unsur pembunuhan terhadap manusia dan membatasi kekuasaan Tuhan atas kehidupan manusia yang diciptakan-Nya.
OR:
Euthanasia adalah hak seseorang untuk mati/ mengakhiri hidup yang dilakukan oleh tenaga medis atas permintaan sendiri. Manusia mempunyai hak untuk mati tetapi kalau hal itu disengaja atau menggunakan bantuan / alat bantu lain (obat, dokter) adalah pembunuhan. Pembunuhan melanggar hukum ke-6

11.  Pendapat tentang pemerintah!
Jawaban : Pemerintah adalah ketetapan dari Tuhan karena itu kita sebagai warga negara wajib mentaati pemerintah.
OR:
Kedudukan pemerintah menurut Roma 13. Pemerintah adalah hamba Allah yang dipercaya untuk memerintah bangsa dan negara. Kekuasaan yang ada pada pemerintah brasal dari Allah. Pemerintah adalah pemegang kekuasaan atas rakyatnya.

12.  Pendapat tentang alam semesta!
Jawaban : Alam semesta merupakan karya ciptaan Tuhan dan memelihara alam semesta adalah mandat Allah.
OR:
Alam harus dipelihara supaya tetap baik, indah dan lestari sebab alam adalah anugerah Allah kepada manusia, karena itu manusia harus bertanggung jawab untuk memelihara alam ini.

13. 
Jawaban : Menurut keyakinan masing-masing
OR:
Berdusta untuk kebaikan secara sepintas menguntungkan diri sendiri, tetapi bila disimak lebih jauh, maka berdusta merugikan orang lain dan melanggar hukum Tuhan yaitu hukum ke-9. Jadi tidak boleh berdusta.

14. 
Jawaban : Perbuatan baik
OR:
Menurut saya “orang baik” atau “perbuatan baik” yang penting adalah orang baik, sebab perbuatan baik bisa dilakukan oleh orang yang tidak baik sedangkan orang baik sudah pasti melakukan perbuatan baik.

15.  Pendapat tentang etiket
Jawaban : Etiket adalah tata cara (adat, sopan santun dan sebagainya) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antara sesama manusia.
Contohnya: Menghargai dan menghormati kebiasaan antara suku yang berbeda
Sedangkan etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang kewajiban moral dan hak.
OR:
Etika adalah tata susila, moral, perasaan batin dimana seseorang melakukan suatu perbuatan atau tindakan, sedangkan etiket adalah tindakan / perbuatan seseorang yang dilandasi dengan etiket.


SOAL TAHUN 2002 DAN JAWABAN

1.    Hubungan etika dan agama!
Jawaban : saling berkaitan yaitu agama mempunyai hubungan erat dengan moral. Setiap agama mengandung suatu ajaran moral. Ajaran moral yang terpendam dalam suatu agama dapat dipelajari secara kritis, metodis dan sistematis dengan tetap tinggal dalam konteks agama itu.

2.    Hubungan etika dan kekristenan!
Jawaban : etika mengajarkan hal-hal yang baik sementara kekristenaan juga mengajarkan hal yang baik yang merupakan kehendak Allah.

3.    4 Sumber etika:
Jawaban : Allah, Alkitab, Tradisi, gereja, Tuhan Yesus, Hati Nurani, Akal budi

4.    Mengapa akal budi menjadi sumber etika kristen
Jawaban : Melalu akal budi kita dapat mengenal Kristus dan memiliki pemahaman yang benar

5.    Mengapa tradisi gereja menjadi sumber etika
Jawaban : karena mengatur tata car aperibadatan yang baik dan tertib dalam suatu gereja.

6.    Hubungan etika teologis dan etika folosofis menurut Paul Lehmann yaitu :
Jawaban :
Etika teologis bertugas untuk merevisi, mengoreksi dan memperbaiki etika filosofis (saling melengkapi)
Menggabungkan etika filosofis kepada etika teologis sehingga mempertahankan identitas masing-masing menjadi suatu keseluruhan yang baru.
Etika teologis dan etika filosofis sebagai gejala-gejala yang sejajar (paralel)

7.    Mengenai Aborsi
Jawaban : Aborsi spontan adalah tindakan yang dilakukan tidak sengaja dan abortus provocatus adalah tindakan yang sengaja dilakukan.

8.    Alasan menolak abortus provocatus
Jawaban : pembunuhan, melanggar ajaran agama, dan hak-hak hidup seseorang.

9.    Sodomi
Jawaban : adalah percabulan yang dilakukan sesama jenis kelamin atau binatang dan menurut etika tentu hal ini melanggar moral.

10.  Ekonomi
Jawaban : adalah ilmu yang mengenai asas-asas produksi distribusi serta pemakaian barang-barang dan kekayaan. Oikumene yaitu gerakan yang bertujuan menyatukan atau menghimpn gereja-gereja sedunia.
Hubungannya adalah: kedua-duanya saling membutuhkan untuk kelancaran organisasi-organisasi gereja

11.  3 Hubungan manusia dengan tanah
Jawaban : Manusia diciptakan dari tanah dan manusia kembali menjadi tanah, Mencari nafkah, sebagai tempat tinggal.

12. 
Jawaban : Sebagai wujud ketaatan terhadap peraturan pemerintah dan berpartisipasi dalam pembangunan negara.

13. 
Jawaban : Mamon adalah harta kekayaan atau benda yang dibayangkan sebagai oknum (yang jahat) Mat. 6:24; Luk. 16:9

14. 
Jawaban : Teologi Kristen mendukung demokrasi adalah sebagai wujud ketaatan kepada pemerintah danhal ini berdasarkan Roma 13

15. 
Jawaban : Konteks pengampunan dapat diterapkan dalam segala hal dan keadaan.



JAWABAN DAN JAWABAN TAHUN 2003

1.   
Jawaban : Etika teologi sebagai etika transeden adalah etika yang tidak dapat dibatasi oleh berbagai hal

2.   
Jawaban : Filosofis sebagai etika anhroposentris adalah etika yang memberikan suatu jawaban berdasarkan pengetahuan manusia tanpa kebenaran firman Tuhan.

3.   
Jawaban : Idem No.2 Tahun 2002

4.    Sumber utama etika Kristen adalah Alkitab.
Jawaban : Karena kebenaran (Alkitab) yang mutlak dan etika harus terbuka terhadap Alkitab.

5.   
Jawaban :

6.   
Jawaban : Homo seksualitas adalah ketertarikan secara seksual kepada sesama jenis. Homofilia adalah ketertarikan secara seksual kepada anak-anak sejenis di bawah umur.

7.    Alasan menolak poligami
Jawaban : melakukan perzinahan, tidak sesuai dengan Firman Tuhan

8.   
Jawaban : Alasan etis Kristus menolak perceraian yaitu bagi-Nya bahwa pernikahan adalah ketetapan ilahi atau sebagai tuntutan ilahi dan bukan semata-mata keinginan manusia (Mat. 19:6)

9.    Ecology adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan alam sekitarnya, sedangkan ekonomi adalah ilmu yang mengenai asas-asas produksi, distribusi serta pemakaian barang-barang dan kekayaan
Jawaban : Hubungannya yaitu ekonomi sumber pemberdayaan (pengolahan) dari ekologi

10.  Demografi adalah ilmu tentang susunan, jumlah dan perkembangan penduduk.
Jawaban : hubungan masalah ekologi dengan demografi berdasrkan Kej. 1:28 adalah merupakan perintah Allah untuk berkembang biak dan menaklukkan alam semesta. Contoh dalam konteks Indonesia: masyarakat Indonesia harus menyesuaikan pertambahan dengan keadaan alam yang ada dengan melakukan KB dan memelihara alam semesta sebagai sumber kebutuhan hidup

11.  Dasarnya: 1 Kor 10:23-11:1
Jawaban :

12. 
Jawaban : Prochoice abortus (tindakan sebelum melakukan aborsi) kepada orang yang ingin melakukannya: memberikan nasehat dan menjelaskan akibat-akibat jika melakukannya, dapat dikembangkan sendiri...

13. 
Jawaban : Argumen profetis adalah untuk menyampaikan suara kenabian (Firman Tuhan) di tengah-tengah negara Indonesia.

14.  Nilai dasar etika Kristen dalam upaa rekonsiliasi adalah pengorbanan Kristus bagi dunia
Jawaban :

15.  Global etis adalah tata susila atau etika secara menyeluruh. Pendapatnya: melalui itu tercipta suatu kesatuan, perdamaian, ketertiban yang menyeluruh dalam kehidupan dunia ini.
Jawaban :


SOAL DAN JAWABAN ETIKA JULI 2004

1.    Prima Pacie dalam etika kewajiban yaitu:
Jawaban : Tindakan-tindakan yang slaah walaupun hasilnya baik misalnya Aborsi

2.    Ultima Ratio
Jawaban : Perang yang secara moral benar

3.    Keuntungan etika kewajiban:
Jawaban : menjadikan seseorang menjadi taat terhadap hukum, baik hukum negara maupun agama
OR : Suatu tindakan dianggap baik apabila tidak berlawanan dengan kewajiban.

4.    Menurut Immanuel Kant
Jawaban : Imperatif kategoris adalah perintah yang diwajibkan dengan tanpa syarat, sedangkan imperatif hipotesis adalah suatu perintah yang selalu diikuti dengan syarat.
OR :
Imperatif kategoris : menunjuk pada prinsip moral yang tanpa syarat mengikat secara mutlak
Imperatif hipotesis: mengikat hanya dalam tujuan yang telah ditentukan.

5.    Teologis artinya: etika akibat,
Jawaban : Kelemahannya ketidakmampuan seseorang untuk menentukan akibat dari perbuatannya juga seringkali seseorang kurang mampu untuk menguasai jalan-jalan yang dipakai untuk mencapai akibat itu, mis: kita sering bertindak dengan maksud yang baik tapi akibat dari tindakan tersebut bukan seperti yang dimaksudkan. Apakah tidak ada faktor lain yang menjadikan perbuatan buruk, mis: apakah orang boleh melanggar hukum atau memperkosa hak-hak asasi orang lain untuk mencapai akibat yang baik?

6.    5 faktor penting dalam mengambil keputusan etis:
Jawaban : Iman (kepercayaan pada Tuhan), tabiat (sifat-sifat batin), orang-orang (lingkungan sosial),. Contohnya: adat-istiadat, undang-undang dalam negeri, norma-norma (hukum-humum moral), unsur-unsur situasi.

7.    Index adalah petunjuk cara berpikir
Jawaban :
Index adalah ...
Vindek adalah ...
Judek adalah ...

8.    Hub. Kristus dan kebudayaan menurut Mchard Nebuhr
Jawaban :
a.   

9.    Theatrum Gloriae dei menurut Calvin
Jawaban :
a.   

10.  Etika ekologi adalah:
Jawaban : suatu sikap atau cara manusia dalam memelihara dan bertanggung jawab atas alam semesta yang dipercayakan untuk dipergunakan sebaik mungkin

12.  Persoalan etis dari klan yaitu:
Jawaban : dapat merusak moral dan tidak membangun perilaku manusia dengan iklan-iklan yang tidak sesuai dengan etis yang tepat.

13.  Tanggapan
Jawaban :  tidak menyetujui, karena hal ini menunjukkan ketidakpedulian dan tidak bertanggungjawab atas kesempatan yang diberikan sebagai warga negara dalam berpartisipasi

14.  Dampak globalisasi ekonomi dari perspektif etika Kristen:
Jawaban : menimbulkan persaingan-persaingan yang tidak baik, menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh keuntungan tanpa peduli dengan orang-orang yang lemah secara ekonomi, mencari kejayaan sendiri (besikap egoistis).

15.  Gejala kebebasan seks dari perspektif etika kristen yaitu:
Jawaban : terpengaruh pergaulan bebas, mis: sering ganti pasangan. Mencari kasih sayang dan hiburan dengan cara yang salah


SOAL DAN JAWAB ETIKA DESEMBER 2004

1.    Tugas dan tanggung jawab normatif dari etika artinya:
Jawaban :
a.    Menyatakan apa yang baik yang harus dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh semua orang tanpa perbedaan usia dalam situasi mereka masing-masing.
b.    Memberi petunjuk kepada manusia dan masyarakat untuk berbuat baik kini dan pada masa yang akan datang. Mis: jangan membunuh, jangan berzinah dll.
c.    Memberi suatu uraian teoretis yang mendalam tentang yang baik dan yang buruk di satu pihak, dan suatu pengenaan praktis yang kongkrit di lain pihak.

2.   
Jawaban : Motif dan tindakan dipandang sebagai objek etika karena sebagai pendorong untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai.        

3.    Idem No.3 Juli 2002
Jawaban :

4.    Tanggapan
Jawaban :  tidak setuju, karena tidak menghargai pasangan, menganggap remeh akan sesamanya dan bertentangan dengan kebenaran agama.

5.    Tidak setuju
Jawaban : Tidak setuju karena euthanasia merupakan tindakan kriminal dan bertentangan dengan hukum dan agama.     

6.    Hubungan Injil dan kebudayaan
Jawaban :

7.    Idem no. 12 tahun 2002
Jawaban :

8.    Kej. 1-3 menyatakan bahwa tugas manusia adalah memelihara dan bukan merusak dan mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi.
Jawaban :

9.    Idem no.6 Juli 2004
Jawaban :

10.  3 Inti ajaran Yesus Kristus yang  berhubungan dengan etika:
Jawaban :
a.    mengasihi Tuhan Allah
b.    mengasihi diri sendiri
c.    mengasihi orang lain

11.  Etika kristen disebut etika injil karena sumbernya dari kebenaran Injil
Jawaban :

12.  Idem no.14 tahun 2002
Jawaban :

13.  Idem no. 15 tahun 2002
Jawaban :

14. 
Jawaban : Setuju karena pernikahan adalah persekutuan seumur hidup dan bukan bersifat eksperimen melainkan persekutuan yang hakiki (seutuhnya)           

15.  Tanggapan
Jawaban : Bahwa tidak memiliki kasih terhadap sesamanya seperti: orang Samaria yang baik hati (Luk. 10:25-37) 


JAWABAN UJIAN NEGARA

1.    Perbedaan etika dan moral dari sudut etimologi dan esensinya:
Jawaban : Etika berasal dari kata Yunani Ethos yang berarti kesusilaan, perasaan batin atau kecenderungan hati dengan mana seseorang melakukan suatu perbuatan. Mos dan moralitas bahasa latin untuk istilah etika, yang berarti kelakuan lahir seseorang. Jadi perbedaannya “moral”, “mos” atau “mores” hanya berarti kelakuan lahir seseorang, sedang “etika” tidak hanya menyinggung perbuatan lahir saja, tetapi senantiasa menyinggung juga kaidah dan motif-motif perbuatan seseorang yang lebih dalam.   

2.    Etika disebut ilmu pengetahuan normatif !
Jawaban : karena ada beberapa lapangan hidup, dimana berlaku hukum-hukum alam, misalnya lapangan ilmu pasti, ilmu gaya, dan ilmu tumbuh-tumbuhan. Hukum-hukum yang berlaku di situ tidak meminta suatu pilihan atau sutu keputusan dari kita. Tetapi ada juga lapangan hidup, di mana tidak berlaku hukum-hukum alam, melainkan hukum-hukum normatif, yang meminta daripada kita suatu pilihan, suatu keputusan suatu jawaban yang ya atau tidak. Misalnya ilmu hukum, kita diminta memilih antara adil dan tidak adil. Pada lapangan estetika (misalnya: seni musik, seni lukis, dll.) kita diminta memilih antara yang indah dan yang buruk. Pada lapangan logika, kita diminta memilih antara yang benar dan yang salah. Di lapangan kesusilaan, kita diminta memilih antara yang baik dan yang jahat. Karena etika bergerak di lapangan kesusilaan yang meminta kita memilih antara yang benar dan salah, maka etika disebut ilmu pengetahuan normatif.          

3.    Perbedaan antara etika filosofis dan etika teologis:
Jawaban : Etika filosofis adalah kebalikan dari etika teologis. Ia tidak bertitik tolak dari praanggapan-praanggapan teologis, yaitu kepercayaan kepada Allah/ Yang Ilahi, dan oleh karena itu tidak dapat disebut “etik yang didasarkan atas (unsur-unsur) kebijaksanaan manusia”.     
Etika teologis adalah selalu transempiris, tetapi etika fisolofis tidak selalu demikian adanya; ia dapat juga bersifat empiris.

4.    Hubungan antara etika teologis dan etika filosofis menurut P.L. Lehmann:
Jawaban :
a.    Revisionisme, yaitu bahwa etika teologis bertugas untuk merevisi yaitu mengoreksi dan memperbaiki etika filosofis.
b.    Sintese, yaitu menggabungkan etika filosofi kepada etika teologis sedemikian rupa, hingga kedua disiplin ini dengan mempertahankan identitas masing-masing, menjadi suatu keseluruhan yang baru, yakni etika filosofis sebagai bagian bawah yang bersifat umum, dan etika teologis sebagai bagian atas yang bersifat khusus.
c.    Diaparallellisme, etika teologis dan etika filosofis sebagai gejala-gejala yang “sejajar”.

5.    Asas-asas etika jaran Yesus Kristus:
Jawaban :
a.    Kaidah emas, ada dua rumusan yaitu yang negatif dan yang positif. Yang negatif berbunyi : “Apa yang kamu tidak kehendaki orang-orang berbuat kepadamu, janganlah kamu perbuat kepada orang-orang lain”. Dan yang positif berbunyi “segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka”. (Mat. 7:12; Luk. 6:31)
b.    Keadilan, Dalam Perjanjian Baru, Yesus digambarkan sebagai Mesias yang adil, yang antara lain dijanjikan Yesaya 11. Oleh karena itu pandangan PB mengenai keadilan tidak lepas dari pandangan Israel yang dikemukakan PL. Hanya Yesus tanpa membedakan orang Yahudi dan orang kafir

Soal-soal tersebut sudah saya pakai sebagai latihan untuk mengikuti Ujian Negara dan hasilnya sangat memuaskan. Sebagian soal-soal sudah dicoba dijawab, tetapi belum maksimal. Untuk hasil yang lebih baik silahkan dibahas lebih detail lagi. Selamat Belajar dan semoga sukses.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment