Sunday, October 9, 2011

Kumpulan Soal Ujian Negara Dogmatika

Share


Dengan berusaha mencari, mengumpulkan dan mengetik Soal-soal Ujian Negara Dogmatika Kristen, saya  mendapat kemudahan ketika menghadapi soal-soal yang diujikan. Berikut ini saya posting agar kiranya dapat dibahas. Lebih lengkapnya dapat di download di sini

Soal Dogmatika
Nopember 2007
1.    Jelaskan pendapat Origenes dan Tertulianus tentang Trinititas dan apakah dampak dari pemikiran kedua tokoh ini terhadap pemahaman orang di luar gereja terhadap Trinititas!
2.   Jelaskan karya penyelamatan Kristus dilihat dari segi nama-Nya! (Yesus, Juruselamat, Tuhan, Pengantara, dan Kristus) secara singkat dan jelas !
3.    Jelaskan gagasan Transendensi dan gagasan Imanensi Allah. Yang mana lebih cocok bagi suatu teologi kontekstual di Indonesia? Jelaskan.
4.    Bagi Bultman dan murid-muridnya, pembicaraan tentang kebangkitan tidak lain dari pernyataan tentang salib itu. Jelaskan hubungan salib dengan kebangkitan !
5.    Dalam pengakuan iman rasuli yang selalu diucapkan setiap hari Minggu, cukup jelas bahwa gereja adalah kudus dan am, jelaskan apakah maksudnya !
6.   Jelaskan perbedaan makna perjamuan kudus dalam pandangan agama Kristen dengan pandangan agama Katolik !
7.    Jelaskan peranan Roh Kudus dalam zaman Perjanjian Lama dan dalam zaman Perjanjian Baru
a.     Dalam PL
1)     dalam penciptaan (Kej. 1:26) “Baiklah kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa kita
2)     Mengadili & membakar (Yes 4:4
3)     Bukan dengan keperkasaan bukan dengan kekuatan melainkan dengan Roh-Ku Firman Allah (Zak 4:6)
b.     Dalam PB
1)     Bersaksi bersama-sama orang beriman (Gal. 4:6)
2)     Membantu orang beriman berdoa (Rm. 8:26)
3)     Menjadikan kita anak-anak Allah (Rm 8:15)
8.     Jelaskanlah mengapa Yesus disebut Anak Allah dan Anak Manusia !

Dogmatika
Juli 2007
1.     Siapa yang berhak menentukan dogma gereja, apa kegunaannya, dan dapatkah suatu dogma tertentu diubah oleh gereja?
2.     Jelaskan tujuan utama pernyataan-pernyataan Allah itu pada umat manusia!
a.  Untuk memperkenalkan diri-Nya kepada manusia atau menyatakan kehendakNya kepada manusia yang sebenarnya tidak dapat mengetahui dengan akal budi/pikirannya sendiri.
3.     Jelaskan istilah-istilah dogmatis di bawah ini dengan disertai penjelasannya secara ringkas:
a.     Apokaliptin                       c.  Sola Scriptura
b.     Homoousios                     d.  Sola Fide
Apokaliptin : menyingkapkan rahasia-rahasia ilahi, khususnya tanda-tanda yang akan mendahului akhir zaman, kebangkitan orang mati dan pengadilan umum yang akan berakhir dengan transformasi dunia.

Homosious : Sehakikat, penyataan yang menyangkut Kristus dan dimasukkan ke dalam syahadad, kata ini juga dipakai untuk mengungkapkan kesamaan antara Bapa, dan Putra dalam hakikat dan keagunan.

Sola Scriptura : Hanya kitab suci saja. Yang mengakui bawa wibawa religius yang tertinggi adalah sabda Allah yang terdapat dalam kitab suci.

Sola fide : hanya iman saja, pembenaran disebabkan oleh iman kepada Kristus (Rm. 1:7)

4.     Dalam Roma 6 : 3 – 4 dinyatakan bahwa orang berdosa yang percaya pada Yesus itu telah dipersatukan dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Jelaskan pengertiannya.
5.     Gereja berasal dari kata Yunani yaitu Eklesia. Jelaskan pengertiannya dan bagaimana kalau diterapkan dalam hidup sehari-hari?
6.     Jelaskan persamaan dan perbedaan karya kedatangan Yesus yang pertama dengan kedatangan-Nya yang kedua kali !
Persamaannnya, adalah datang sebagai juruselamat umat manusia, perbedaannya, yang pertama adalah sebagai koraban untuk menebus dosa manusia dan kedatangan kedua adalah untuk menghakimi umat manusia.
7.     Uraikan pengertian :
a.     Allah itu kasih (1 Yoh. 4:8)
Tabiat hakiki Allah adalah kasih, Ia mengasihi bukan karena Ia mempunai objek-objek yang wajar bagi kasih-Nya tetapi karena tabiat yang mengasihi. kasihNya kepada manusia tidak bergantung pada keadaan manusia, tetapi bergantung pada hakekat Allah sendiri. Ia mengasihi manusia karna Ia adalah Allah yang demikian.
b.     Allah adalah terang (1 Yoh. 1 : 5)
Allah adalah terang, guna menarik perhatian kepada keadilan dan kebenaran-Nya, terang adalah lambang alami dari kebenaran.
c.      Allah adalah Roh (Yoh. 4:24)
8.    “Alkitab adalah Firman Allah” Jelaskan pernyataan ini dengan menggunakan kesaksian Alkitab 2 Petrus 1 : 21 dan 2 Timotius 3 : 16)
9.     Jelaskan arti kata dosa dan sebutkan akibat-akibatnya dalam hidup manusia.
10.   Jelaskan perbedaan pekerjaan Roh Kudus dalam Perjanjian Lama (PL dan Perjanjian Baru (PB)
11.   Jelaskan hubungan antara sifat Allah Maha Kasih dengan sifat Allah Maha Adil dalam kaitannya dengan karya penebusan.
12. Jelaskan tentang hubungan antara Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus dalam karya penyelamatan manusia !

Dogmatika
Nopember 2006
2.    Inkarnasi Yesus Kristus dijelaskan oleh Rasul Paulus dalam Filipi 2:5-8, dengan ungkapan mengosongkan diri. Jelaskan makna teologis dari istilah ini!
3.     Berbicara tentang keesaan, maka tidak terlepas dari berbagai pemikiran Calvin baik dalam beberapa edisi institutio maupun tulisan-tulisan lainnya. Apa yang saudara ketahui tentang Keesaan Gereja menurut Calvin dan apakah maknanya bagi gereja-gereja di Indonesia? Jelaskan!
4.     Perjamuan Tuhan merupakan salah satu perintah Tuhan untuk dilaksanakan dan diyakini sebagai salah satu sakramen dalam teologi Kristen. Jelaskan makna dari sakramen ini menurut Perjanjian Baru (1 Kor. 11:26)
5.     Sebutkan dan jelaskan tri tugas panggilan gereja, dan beri contoh tugas pelayanan dimaksud.
6.     Jelaskan pengertian gereja secara universal, dan pengertian gereja secara lokal.
7.     Dalam pengakuan iman yang selalu kita ucapkan setiap hari Minggu, cukup jelas bahwa Gereja adalah Kudus dan Am. Apa arti pernyataan ini, jelaskan !
8.     Teologi feminisme bermaksud menciptakan suatu teologi pembebasan utuh. Apa yang Saudara ketahui tentang teologi feminisme dan bagaimanakah tanggapan Saudara? Jelaskan.

Dogmatika
Juli 2006
1.     Jelaskan pengertian: “Allah itu Roh yang berpribadi, yang hidup, yang berfirman dan bertindak”.
2.     Berdasarkan Yohanes 14:6, jelaskan bahwa Tuhan Yesus adalah satu-satunya Jalan Keselamatan !
4.     Prof. Dr. Sudarmo dalam bukunya Ikhtisar Dogmatika cukup luas menulis tentang ajaran Predestinasi. Apakah yang Saudara ketahui tentang ajaran ini? Jelaskan!
5.   Bagi Bultman dan murid-muridnya, “Pembicaraan tentang kebangkitan tidak lain dari pernyataan tentang pentingnya salib itu”. Jelaskan maksudnya?
6.     Dalam pengakuan iman yang selalu kita ucapkan pada setiap hari Minggu, cukup jelas bahwa gereja adalah Kudus dan Am. Apa arti pernyataan ini, jelaskan !
7.    Teologi feminisme bermaksud menciptakan suatu teologi pembebasan utuh. Apa yang saudara ketahui tentang teologi feminimisme dan bagaimanakah tanggapan saudara, jelaskan !
8.     Berbicara tentang keesaan, maka tidak telepas dari berbagai pemikiran Calvin baik dalam beberapa edisi institutio maupun tulisan-tulisan lainnya. Apa yang Saudara ketahui tentang keesaan gereja menurut Calvin dan apakah maknanya bagi gereja-gereja di Indonesia. Jelaskan !

Dogmatika
Nopember 2005
3.    Dalam perkembangan dogma tentang kemanusiaan dan ketuhanan Yesus, ada dua ajaran yang dianggap sesat, yaitu:  a. Adopsitisme, b. Doketisme
Jelaskan kedua ajaran tersebut dalam hubungan ajaran yang benar mengenai kemanusiaan dan ketuhanan Yesus.
Adopsitisme : Bidaah abad ke-8 mengajarkan bahwa sebagai Allah, Kristus menurut kodratnya memang benar-benar Anak Allah; namun sebagai manusia Ia hanya sebagai anak Angkat. (Adopsi)

Doketisme :

4.     Jelaskan ajaran-ajaran mengenai pengilhaman di dalam proses terjadinya Alkitab!
Dan bagaimana pandangan anda!
a.   Pengilhaman mekanis : Bahwa manusia di dalam pengilhaman hanya berfungsi sebagai mekanik/mesin. Pandangan ini dikemukakan oleh para orang Kristenyang berpendirian bahwa Alkitab diilhamkan secara harafiah kata demi kata. Tiap kata dan ungkapan dianggap sebagai diilhamkan/dihembuskan oleh Allah atau dibisikkan oleh Allah. Oleh karena itu Alkitab harus diterima seperti adanya, tidak boleh diubah sama sekali.
b.     Pengilhaman Dinamis : Menurut pandangan ini hati para penulis diperbaharui oleh Allah sehingga pengilhaman identik dengan kelahiran kedua kali. Jadi makin dekat penulis dengan Kristus makin dapat dipercaya hasil penulisannya, oleh karena itu tulisan para rasul lebih dipercaya daripada tulisan murid para rasul/ sesudah zaman para rasul. Jadi kewibawaan Alkitab tergantung dari penulisnya.
c.      Pengilhaman Organis : Organ = alat, istilah ini hanya diungkapkan bahwa di dalam pengilhaman, Tuhan Allah memakai manusia sebagai alat-Nya. Pandangan inilah yang sesuai dengan pemberitaan Alkitab.

5.     Ada ajaran “Extra ecclesiam nulam salus” atau “di luar gereja tidak ada keselamatan”
a.     Gereja apakah yang pernah memegang ajaran tersebut?
b.     Apa konsekuensi ajaran tersebut terhadap gerakan oikumene?
c.      Bagaimana sikap Anda?

6.     Jelaskan perbedaan “Roh Kudus” dalam PL dan PB !
a.     Roh Kudus dalam PL : dicurahkan hanya untuk mengurapi orang-orang tertentu saja (Nabi, Hakim, Raja, dsb.) untuk menyampaikan firman Allah atau maksud-maksud Allah. Dan pengurapan tersebut bersifat sementara.
b.     Roh Kudus dalam PB : dicurahkan kepasa semua orang percaya, dan tinggal tetap dalam orang percaya sampai kepada hidup yang kekal.

7.   Bagaimana cara anda menjelaskan tentang Yesus Kristus di tengah-tengah masyarakat majemuk? Jelaskan!

Dogmatika
Juli 2005
1.   Setiap agama menempatkan keselamatan sebagai inti dan pokok ajarannya. Jelaskan konsep keselamatan dalam ajaran Agama Kristen !
Keselamatan sebagai karya penebusan yang dilakukan Kristus melalui kematian dan kebangkitanNya. Dia mati dan bangkit sehingga manusia memperoleh pengharapan untuk kehidupan kekal, mati dan diselamatkan serta masuk ke dalam kemuliaanNya.

2.     Jelaskan hubungan Roh Kudus dan Gereja !
RK dan gereja saling berhubungan, di mana gereja telah dipanggil / berdiri pada saat pencurahan Roh Kudus pada hari pentakosta. Jadi gereja telah timbul sebagai hasil pekerjaan RK yang membuat orang percaya kepada Kristus, demikian pula gereja dipergunakan untuk memperhadapkan orang-orang kepada Kristus.

3.     Jelaskan Tri Tugas Panggilan Gereja dalam hubungan dengan keesaan Gereja!
Diakonia, koinonia dan marturia merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan, tidak dapat dipisahkan sebab tugas panggilan gereja adalah demi pelayanan kepada jemaat (Kis 1:17, 25; 21:19; Rm 11:13) dan demi kesatuan yangharus ada di antara gereja-gereja yang dihimpun oleh cinta kasih Kristus yang hadir dalam Rohnya

4.    Pemahaman yang salah terhadap arti dan makna pertobatan dapat berakibat dalam sikap hidup sehari-hari. Jelaskan hakekat, arti, dan makna pertobatan.

5.   Hidup berimankan Yesus Kristus di dalam masyarakat majemuk adalah suatu tantangan dan kesempatan. Hal-hal apa saja yang dapat Saudara lakukan untuk mengatasi dan mengisi tantangan dan kesempatan itu? Jelaskan !
-       tetap menjaga hubungan yang baik dengan semua orang
-       turut terlibat / berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial
-       mempraktekkan teladan dan kasih Kristus dalam hidup sehari-hari

6.     Jelaskan arti manusia diciptakan menurut “gambar” dan “rupa Allah”!

7.     Apa arti Kristus sebagai Allah sejati dan manusia sejati? Jelaskan !

8.     Menurut Walbert Buhlmann, ada 3 (tiga) tugas umat Kristen di tengah-tengah dunia, yaitu untuk menginterpretasi dunia, untuk mentransformasi dunia, dan untuk inkulturasi dunia. Jelaskan maksud pendapat tersebut dan bagaimana tanggapan Saudara sendiri tentang pendapat ini !

Dogmatika
Juli 2004
1.     Jelaskan hubungan ajaran (dogmatika) dengan pemberitaan Gereja
Dogmatika adalah ajaran atau ketetapan sedangkan pemberitaan gereja adalah untuk memberi kesaksian tentang kebenaran yang dari Allah. Jadi hubungan dogmatika dengan pemberitaan gereja adalah dogmatika sebagai fungsi gereja dimana gereja memberi pengajaran berdasarkan ketetapan yang sesuai dengan firman Allah.

3.   Gereja yang kuat adalah gereja yang memahami dan menghayati kebenaran Firman Tuhan sebagai pedoman hidup jemaat setiap hari. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat Alkitab (Firman Allah) itu.
Sifat-sifat Alkitab :
a.     Alkitab berkuasa atau berwibawa. Kuasa dan wibawa itu sedemikian rupa sehingga Alkitab tidak dapat salah. Kuasa atau wibawa Alkitab pada dirinya sendiri diterima langsung dari Allah, sebab Alkitab adalah hasil pengilhaman Ilahi.
b.     Alkitab adala cukup. Alkitab cukup untuk memimpin orang kepada hidup yang kekal (bdk. Yoh.20:30; Why 22:18,19). Bagi Tuhan Yesus sendiri apa yang tertulis di dalam Alkitab telah cukup.
c.      Alkitab adalah jelas. Memang bayak hal yang tidak terang karena dalamnya isi, akan tetapi jalan keselamatan jelas digambarkan, sehingga Alkitab terbuka bagi tiap orang yang pandai maupun yang bodoh, yang terpelajar maupun yang tidak terpelajar.

4.    Setelah kebangkitan dan kenaikan Kristus, Roh Kudus sangat berperan dalam kehidupan gereja. Sebutkan minimal 5 (lima) peranan Roh Kudus dengan gereja-Nya sampai hari ini.
a.     RK merupakan dasar pertumbuhan gereja (Kis 2:41-47)
b.     RK memerdekakan gereja untuk mengasihi (Rm. 15:30)
c.      RK memberi karunia untuk pertumbuhan gereja (1 Kor 12: 1, 28)
d.     RK melengkapi gereja dengan pelayanan 5 jawatan (Ef. 4:11)
e.     RK mempersatukan gereja Tuhan (1 Kor 13:13-14)

5.     Allah adalah Allah yang providential. Jelaskan hakekat providentia!

No comments:

Post a Comment